Review Mini Series “Tess of D’Urbervilles”

Period Drama, Review Period Drama

tess

Tess of D’Urbervilles merupakan mini series dari adaptasi novel berjudul sama yang ditulis oleh Thomas Hardy. Novelnya di rilis pada tahun 1892, novel ini termasuk masterpiece pada abad 19 dan kemungkinan juga merupakan fiksi terbaik Thomas Hardy. Tess of D’Urbervilles ini sudah berkali-kali dibuat film, tapi disini yang akan gue review adalah mini series keluaran BBC tahun 2008.

Sejauh ini, series ini lah yang menduduki peringkat pertama period drama favorit gue, bahkan mengalahkan historical2 drama lainnya. Series ini benar-benar bisa memainkan perasaan yang nonton (gue), bahkan sampe nangis saking ikut merasakan kehidupannya Tess. Sebelumnya gue ga pernah mereview drama apapun, jadi harap maklum, dan gue blm pernah baca bukunya jadi ya……

Ada tiga tokoh utama di series ini, yaitu Tess Durbeyfield yang diperankan oleh Gemma Arterton, Angel Clare yang diperankan oleh Eddie Redmayne dan Alec D’Urberville oleh Hans Matheson. Inti utama dari series ini adalah perjalanan hidup dari seorang gadis desa Tess Durbeyfield yang pada suatu ketika ayahnya diberitahu bahwa keluarga mereka masih memiliki keturunan noble family, D’Urbervilles.

ffasfsaf

Menurut gue setting tempat dan waktu mini series ini sangat pas begitupula dengan  pengambilan gambarnya apalagi jika dibandingkan dengan filmnya yg keluar tahun 1998. Karakter sebuah period drama terasa banget di series ini, ditambah dengan kostum pemain yang era abad 19 banget. Akting Arterton (pemain Tess) disini luar biasa, dia bisa memainkan karakter gadis desa yang polos, aduh sumpah polos, bikin kasian dan miris, dan Alec juga diperankan dengan baik oleh Matheson, apalagi kalau dibandingin sama Tess 1998, gue jauh lebih suka Alec disini, ambisius dan obsesifnya dapet banget. Angel Clare sendiri yang diperankan Eddie Redmayne kalau baca di imdb rata2 pada gasuka dengan aktingnya, tapi kan gue agak bias jadi menurut gue fine-fine aja, walaupun karakter nobleman-nya agak kurang dapet. Seriously, the first time I saw Angel Clare, I couldn’t even guess he was a nobleman.

wffsaff

Alur cerita series ini bikin gue gabisa cepetin video (gue selalu kebiasaan nyepetin video kalo cerita mulai ga seru) apalagi di akhir-akhir yang harus banget dipantengin. Sedikit spoiler, Alec disini sangat obsesif sama Tess, hampir diakhir cerita dia udah insyaf gitu, tapi dia dipertemukan lagi sama Tess dan dang! obsesinya dia ke Tess keluar lagi, disitu gue samasekali ga menduga, gue kira dia jadi baik beneran. Dan Angel Clare, sesungguhnya gue kecewa sama karakter dia (bukan sama Eddie nya). Mereka berdua sebenernya sama2 ga pantes untuk Tess, tapi Tess cinta banget sama Angel dan dia bisa menunjukkan hal itu dengan sempurna.

Buat yang suka period drama, series ini masuk kategori wajib tonton. Gue gatau harus nulis apalagi buat mengekspresikan kalau series ini sangat luar biasa bagus untuk diliat.

Series ini gue kasih rating 4.5/5

Leave a Reply

