Rule no 2: Tujuan

Uncategorized

Apa sih tujuan hidupmu?

Pernah ga sih nanya sama diri sendiri “kok gue hidup gini-gini aja ya?”, karena gue sering, sering banget, gue merasa hidup gue kurang greget. Entah apa yang kurang, karena gue merasa tercukupi bahkan lebih dari cukup. Gue bukan tipe orang yang bisa fokus dalam beberapa hal sekaligus, dulu fokus tujuan gue ya cuma mau lulus aja dari perkuliahan. Kurang greget ga sih? hidup lu cuma berangkat pagi, dijalan 2 jam, masuk kelas, dengerin dosen tapi ya ngambang aja gitu, trus pulang (untungnya ga full 4 tahun kayak gitu krn gue juga ikut organisasi dikampus selama 2 tahun-an). Well at least I survived those 4 years of “kurang greget” life. Kenapa bisa survive? karena gue punya tujuan, tujuan gue adalah lulus. Kita hidup selalu ada tujuannya, walaupun motto hidup lu “hidup mengalir seperti air” tapi kan tetep ada tujuannya, yaitu ke hilir.

Berjuang atau tidak sama sekali

Tujuan bagi gue sama hal nya dengan mimpi, mungkin bedanya kalo mimpi itu biasanya keliatan lebih woah dan kayaknya impposible buat diraih. Tapi tau ga, buat bisa sampai ke tujuan walaupun itu sepele kita tetep butuh perjuangan. Contohnya untuk lulus kuliah, ngerjain skripsi itu butuh perjuangan, berjuang melawan males, berjuang minta tanda tangan dosen, berjuang rebutan jubah wisuda ukuran S. Diluar lama atau sebentarnya kuliah, kita semua mahasiswa sama-sama berjuang buat lulus. Perjuangan itu yang bikin hidup lebih greget, untuk gue pribadi selama 4 tahun kuliah, masa-masa paling greget ya waktu mulai dari pkl sampe selesai sidang, karena perjuangannya luar biasa haha.

Perjuangan tidak berhenti disini

Sekarang setelah gue lulus kuliah, gue merasa hidup gue jauh lebih greget, karena perjuangan pasca kuliah ga main-main, ga sepele, ga semudah ngerjain skripsi. Bimbang berbulan-bulan mencari tujuan hidup pasca kuliah. Selesai kuliah gue kayak nemuin lagi diri gue yang sebenarnya, yang hidup bukan cuma sekedar menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida. Gue tanya lagi ke diri gue, apa mau gue, apa tujuan gue, apa mimpi gue. Dan Tuhan nunjukkin kok dengan cara-caraNya, apa yang gue lakukan sekarang, mengambil resiko untuk ga ngelamar kerja kayak lulusan lainnya merupakan salah satu hal yang gue pilih untuk mencapai tujuan gue, dan gue berani kayak gini karena gue tau Tuhan sudah menunjukkan. Bagi gue, kehidupan dan perjuangan gue baru dimulai sekarang setelah gue lulus kuliah.

Write down your goals

Gausah terlalu detail sampe beratus-ratus nomer yang lu sendiri sampe bingung mau nulis apa lagi, tapi tulis, tetep tulis apa yang ingin lu lakukan, tujuan-tujuan hidup lu, mimpi-mimpi lu. Gue bukan tipikal orang yang suka nulis semua mimpi gue sampe beratus-ratus nomer, gue lebih memilih fokus ke beberapa hal dulu, di buku agenda gue, ada bagian khusus project, disitu gue tulis apa yang mau gue lakukan dalam jangka dekat dan project-project yang mau gue lakukan, bahkan gue tulis mau beli ini itu, bagi gue itu tujuan juga, yang memacu gue buat bisa meraih mimpi gue. Hidup itu butuh tujuan, tujuan butuh perjuangan, hidup adalah perjuangan, jadi, buat hidupmu lebih greget.

 

 

Leave a Reply

